Urutan Processor Intel Dan Tingkatan Generasinya

Intel adalah prosesor yang sangat terkenal dan bahkan dikenal oleh orang yang awam komuter sekalipun. Namun, banyak yang belum tahu bahwa Intel sudah ada sejak jaman 90an dan sudah merilis berbagai produk prosesor. Berikut ini adalah ulasan urutan processor Intel dan tingkatan generasinya.

Pertama-tama, banyak orang yang mengira bahwa Core i3, i5, dan i7 adalah generasi prosesor. Ini adalah model atau merek prosesor dari Intel. Di sini kami akan menjabarkan beberapa prosesor Intel berdasarkan urutan dibuatnya.

Daftar Urutan Processor Intel

  • Pentium 1, 2, 3, 4
  • Celeron
  • Pentium M dan Celeron M untuk perangkat seluler
  • Pentium Dual Core
  • Inti Solo
  • Duo Inti
  • Core 2 Duo
  • Core 2 Quad
  • Inti i3, i5, i7, i8, i9, i10

Konsep generasi terutama muncul setelah rilis seri Core i. Perbedaan arsitektur mikro prosesor merupakan perbedaan utama dalam generasi prosesor.

tingkatan processor laptop

Kelebihan Processor Intel

Konsumsi daya

Untuk netbook, CPU Atom Intel menggunakan listrik yang sangat sedikit – hanya 5 watt. CPU AMD yang sebanding dapat menggunakan watt dua hingga tiga kali lebih banyak, yang memiliki efek nyata pada daya baterai netbook.

Generasi Panas

Sementara AMD dan Intel secara teratur bertukar tempat tergantung pada tolok ukur kinerja apa yang Anda gunakan, CPU Intel memang memiliki reputasi untuk menghasilkan lebih sedikit panas, yang sebagian berkat persyaratan watt yang lebih rendah, seperti bagian netbook mereka. Dalam lingkungan yang kompak seperti komputer mini, Intel mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Kesesuaian

Karena CPU Intel lebih umum di pasaran, lebih banyak motherboard tersedia. Ini berarti Anda dapat memilih dari beragam fitur, dan lebih mudah menemukan harga yang lebih rendah daripada motherboard yang kompatibel dengan AMD.

Pengontrol Memori Terintegrasi

Teknologi ini memungkinkan CPU untuk mengoordinasikan aktivitas semua intinya, dan meningkatkan cara penyimpanan dan pengambilan instruksi sementara. Pergerakan Intel ke QuickPath Interconnect menempatkannya pada pijakan memori yang setara dengan AMD, dan prosesor Intel Core i7 yang kuat digabungkan dengan teknologi ini memungkinkan kinerja yang lebih tinggi.

Kapasitas Fabrikasi

Intel mengoperasikan 15 pabrik fabrikasi CPU di seluruh dunia, sementara AMD memisahkan beberapa pabriknya menjadi organisasi terpisah yang secara substansial dimiliki oleh pihak ketiga. Kapasitas produksi Intel yang lebih besar memungkinkan mereka membawa jumlah CPU yang lebih besar ke pasar dalam waktu yang lebih singkat, membuat Anda lebih mungkin untuk dapat menemukan CPU yang Anda inginkan.

Di luar pangsa pasar, Intel juga memimpin pembuat chip dalam kapasitas produksi. Pada tanggal publikasi, Intel sedang melakukan kampanye multi-tahun bernilai miliaran dolar untuk membangun fasilitas baru di Arizona, Oregon dan New Mexico. Peningkatan kapasitas produksi dan investasi dalam teknologi laboratorium pembuatan chip terbaru ini melengkapi pembuat chip dengan lebih baik untuk peluncuran teknologi tinggi baru seperti teknologi transistor 3-D tri-gate Intel 22 nanometer. Kapasitas produksi yang lebih besar juga dapat berarti variasi yang lebih banyak dan harga yang lebih rendah.

Pemrosesan dan Performa

Termasuk dalam jajaran prosesor Core generasi ketiga Intel 2013, transistor 3-D 22 nanometer adalah peningkatan struktural yang nyata dari transistor dua dimensi sebelumnya. Perubahan tersebut memungkinkan lebih banyak data mengalir melalui transistor tunggal yang lebih padat, dan meningkatkan daya pemrosesan komputer untuk hal-hal seperti menghasilkan grafik, melakukan penghitungan, merender gambar digital, dan memproses data audio dan video. Perubahan tersebut membuat kinerja multitask hingga 25 persen lebih cepat dari baseline chip sebelumnya

Leave a Reply