Tips Mudah Cara Masuk Bios Laptop ASUS

Laptop yang error biasanya ada kendala pada software atau hardwarenya. Nah, cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan melakukan setting ulang melalui BIOS. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di dalam BIOS. Nah, bagaimana cara masuk bios laptop ASUS?

Dasar sistem input / output, disimpan ke chip memori flash yang tertanam di motherboard ASUS, diuji, diuji dan perangkat keras yang terhubung ke PC. Administrator dapat mengakses BIOS saat startup untuk mengubah cara perangkat keras sesuai kebutuhan Anda.

Berikut ini adalah cara untuk masuk bios di laptop ASUS untuk Windows 7, 8, dan 10 yang dirangkum untuk Anda yang ingin mengatasi berbagai masalah pada PC dan laptop berbasis Windows. Simak ulasannya ya!

 

Tips Mudah Cara Masuk Bios Laptop ASUS

  1. Nyalakan komputer atau klik “Start”, terapkan ke “Shut Down”, lalu klik “Restart”.
  2. Tekan “Del” saat logo ASUS muncul di layar untuk masuk ke BIOS.
  3. Tekan “Ctrl-Alt-Del” untuk menghidupkan ulang komputer jika PC melakukan boot ke Windows sebelum memuat program pengaturan. Ulangi Langkah Kedua setelah restart.

Opsi Alternatif Masuk Bios

Pada beberapa model laptop ASUS, Anda mungkin perlu menggunakan kunci lain untuk masuk ke BIOS. Kunci alternatif yang paling umum adalah tombol “Hapus”, tetapi jika tidak berhasil, coba tombol “Sisipkan”. Dalam kasus yang jarang terjadi, kunci yang benar adalah F10.

Seperti metode F2 standar, tekan dan tahan tombol ini sebelum Anda menghidupkan daya. Jendela untuk masuk ke BIOS merentang waktu antara menyalakan daya dan laptop Anda mem-boot sistem operasi. Ini adalah satu-satunya saat Anda dapat masuk ke BIOS, yang menjelaskan mengapa menahan tombol sebelum menyalakan daya adalah pendekatan yang efektif untuk masuk ke BIOS.

Cara Masuk BIOS Dari Windows 10

Mulai Windows 8 dan seterusnya, Microsoft menambahkan opsi untuk mempermudah masuk ke pengaturan BIOS Anda. Jika Anda mencari kunci ASUS BIOS untuk Windows 10, Anda dapat menggunakan pendekatan yang berbeda. Klik menu “Start” (ikon Windows di pojok kiri bawah desktop) dan kemudian pilih ikon roda gigi untuk masuk ke “Settings.” Pilih “Perbarui & Keamanan” dari opsi yang muncul, dan pilih tab “Pemulihan” di sebelah kiri jendela berikutnya.

Gulir ke bawah ke “Memulai lanjutan” dan klik “Mulai ulang sekarang”. Tindakan ini memulai ulang komputer Anda dan membawa Anda ke layar opsi boot alih-alih memulai Windows secara normal. Pilih “Troubleshoot”, lalu “Advanced options” dan masuk ke “UEFI Firmware Settings.” Klik “Restart”, dan komputer Anda restart lagi dan membawa Anda ke BIOS.

Masuk BIOS Dari Windows 8 dan 8.1

Proses yang dijelaskan untuk Windows 10 bekerja dengan cara yang sama pada mesin Windows 8 atau 8.1 tetapi dengan sedikit perbedaan dalam hal mengakses opsi yang tepat.

  1. Buka bilah Charms dengan menekan tombol “Windows” dan “C” bersamaan
  2. Pilih ikon “Pengaturan”. Buka “Ubah Pengaturan PC,”
  3. Untuk pengguna Windows 8 – buka tab “Umum”
  4. Temukan “Startup lanjutan”
  5. Klik “Mulai ulang sekarang”.
  6. Untuk pengguna Windows 8.1, setelah Anda membuka “Pengaturan PC”, pilih “Perbarui dan Pemulihan”,
  7. Klik “Pemulihan” dan pilih “Mulai ulang sekarang” dari bagian “Penyalaan lanjutan”.

Sisa prosesnya seperti yang dijelaskan untuk Windows 10: “Pemecahan masalah”, “Opsi lanjutan”, “Pengaturan Firmware UEFI”, lalu “Mulai Ulang”.

Itulah cara masuk BIOS untuk laptop ASUS. Semoga membantu.

 

Leave a Reply