Perbedaan Prabayar dan Pascabayar

Bagi yang sudah akrab dengan layanan komunikasi dengan media ponsel dan kartu perdana tentu sudah kenal dengan yang namanya kartu prabayar dan pascabayar. Secara umum kartu perdana yang sering digunakan saat ini terdiri atas dua jenis yaitu kartu prabayar dan kartu pascabayar. Kartu ini digunakan untuk melakukan telepon, sms, berselancar di internet dan lain sebagainya.

Kalau dilihat secara fisik kartu prabayar maupun pascabayar memang mirip. Akan tetapi keduanya juga memiliki perbedaan yang sangat jauh sekali dari segi pemakaiannya. Nah, untuk mengetahui perbedaan tersebut silahkan menyimak ulasannya berikut ini.

Layanan dan Keunggulan Kartu Prabayar

Layanan dari kartu prabayar ini sendiri bisa digunakan ketika telah melakukan proses pembayaran dengan nominal yang telah ditentukan. Contoh dari penggunaan kartu prabayar ini bisa Anda lihat pada berbagai jenis kartu perdana ponsel yang banyak digunakan saat ini. Nah, untuk menggunakan layanan yang ada pada kartu prabayar ini Anda harus membeli pulsa terlebih dahulu. Masa aktif dari kartu prabayar juga berbeda-beda dan untuk memperpanjangnya maka Anda harus rutin melakukan pengisian ulang pulsa. Beberapa keunggulan dari penggunaan kartu prabayar ini antara lain:

  • Pengguna kartu prabayar bisa melakukan pengisian pulsa sesuai dengan jumlah pulsa yang mereka inginkan. Mereka juga bisa melakukan pengisian pulsa kapan saja dan di mana saja. Berbeda dengan kartu pascabayar yang wajib melakukan pengisian pulsa pada waktu yang telah ditetapkan, para pengguna kartu prabayar bisa memilih untuk tidak melakukan pembelian pulsa.
  • Layanan prabayar ini sangat simple dan praktis karena para penggunanya bisa melakukan pengisian pulsa secara fleksibel. Anda juga tidak akan merasa terbebani untuk melakukan pengisian pulsa setiap bulannya.

Layanan dan Keunggulan Pascabayar

Selanjutnya mari membahas tentang layanan pascabayar. Berbeda dengan prabayar yang harus membeli pulsa dulu untuk mendapatkan layanan, kartu pascabayar sendiri berlaku sebaliknya di mana Anda bisa menggunakan layanan terlebih dahulu baru kemudian membayarnya. Secara umum metode pembayaran dari layanan pascabayar ini berupa tagihan yang akan masuk di notifikasi penggunanya pada waktu tertentu. Jangka waktu yang ditetapkan oleh layanan pascabayar ini biasanya selama 30 hari. Beberapa contoh layanan kartu pascabayar ini biasanya ditemukan di telepon rumah, wifi dan saat ini juga sudah merambah ke telepon seluler. Adapun beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari jenis layanan pascabayar ini adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan pascabayar lebih transparan karena Anda bisa memeriksa pemakaian kartu prabayar kapan saja
  • Para pengguna kartu pascabayar juga bisa mengatur batas penggunaannya
  • Secara akumulatif, harga paket pascabayar dapat dikatakan lebih murah jika dibandingkan dengan kartu prabayar
  • Beberapa orang juga menyebutkan bahwa layanan pascabayar memang menawarkan layanan yang lebih unggul jika dibandingkan dengan kartu prabayar
  • Kartu pascabayar sangat cocok untuk Anda yang tidak suka ribet melakukan pengisian pulsa secara terus-menerus.

Kekurangan Prabayar dan Pascabayar

Tidak bisa dipungkiri jika layanan prabayar dan pascabayar memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, selain memiliki kelebihan, kedua jenis kartu ini juga memiliki kekurangannya masing-masing. Untuk kartu prabayar sendiri memiliki kekurangan pada tarifnya yang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan layanan pascabayar. Tak hanya itu, biaya penggunaan kartu prabayar juga kurang transparan dan tidak memberikan informasi yang jelas terkait penggunaan pulsa. Adapun untuk layanan pascabayar sendiri memiliki proses pendaftaran yang agak rumit jika dibandingkan dengan kartu prabayar. Tak hanya itu, Anda juga harus memenuhi beberapa persyaratan pada proses registrasi pascabayar.

Leave a Reply