Apa Perbedaan HDD dan SSD?

Semakin berkembang dunia teknologi maka makin menuntut para ahli teknologi pula dalam menghadirkan berbagai inovasinya. Salah satu jenis inovasi dalam dunia media penyimpanan komputer ialah Solid State Drive atau lebih dikenal juga dengan sebutan SSD. Secara umum, mayoritas pilihan penyimpanan data pada komputer atau laptop masih mengandalkan HDD akan tetapi seiring waktu mulai banyak pengguna pula yang mulai beralih ke SDD.

Nah, untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang perbedaan HDD dan SSD ini maka silahkan menyimak informasi lengkapnya berikut ini.

Perbedaan HDD dan SSD

Perbedaan Dari Segi Cara Kerja

Perbedaan paling mendasar dari HDD dan SSD dapat dilihat dari cara kerjanya. Pada HDD sendiri lebih menggunakan perpaduan antara sistem mekanik dan juga elektrik sebagai komponen utama untuk menunjang performanya. Adapun SDD lebih fokus pada sistem full elektrik tanpa perlu lagi menggunakan bagian lain yang harus bergerak saat proses pembacaan data sistem. Bisa dibilang, cara kerja dari SSD ini menyerupai proses transfer data pada RAM atau Flashdisk sedang HDD cara kerjanya lebih lebih mirip dengan disket.

Perbedaan Kecepatan Baca dan Tulis Data

SSD untuk urusan kecepatan membaca dan menulis data sangat bisa diandalkan karena memiliki keunggulan hingga delapan kali lipat jika dibandingkan dengan HDD. Maka jangan heran jika saat ini mayoritas pengguna komputer atau laptop lebih beralih menggunakan SSD dibandingkan HDD.

Perbedaan Ukuran dan Bentuknya

Adapun dari segi ukuran dan bentuknya, HDD memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan bentuk SSD. SDD sendiri memiliki media penyimpanan yang lebih ringkas dan berperforma lebih tinggi.

Perbedaan Antara SSD dan HDD Dari Segi Komponen

Komponen yang terdapat pada SSD atau Solid State Drive ini sendiri terdiri atas micro chip, integrated circuit serta beberapa elemen elektronik lainnya yang berfungsi sebagai penyimpan arus tegangan. Komponen dari SSD ini berbeda dengan yang terdapat pada HDD yang di dalamnya memuat motor penggerak dan piringan cakram yang akan berputar ketika dioperasikan.

Perbedaan HDD dan SSD Dari Segi Fragmentasi

Fragmentasi dapat diartikan sebagai suatu ruangan kosong pada sebuah media penyimpanan yang ditimbulkan akibat terjadinya penghapusan dan perubahan data. Jika digambarkan, proses awal pengisian file pada hardisk akan tersusun rapi dan berurutan secara otomatis. Namun, seiring berjalannya waktu, file tersebut akan menjadi berantakan dan kacau karena diakibatkan oleh perubahan dan kondisi file di dalamnya. Tentu saja hal ini menyebabkan kinerja HDD akan menurun. Sedangkan proses file yang ada pada HDD tersebut tidak akan ditemui pada SDD. Hal tersebut dikarenakan keseluruhan data dari SDD telah disimpan di dalam sistem yang disebut chip flash.

Perbedaan Harga SSD dan HDD

Jika membahas mengenai harga, dapat dikatakan jika SSD memiliki harga yang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan HDD. Harga mahal dari SSD ini juga dipengaruhi oleh teknologi SSD yang terbilang masih baru dan inovatif. Untuk harga SSD dengan kapasitas 250 GB bisa setara dengan harga HDD yang berkapasitas 1 TB.

Perbedaan SSD dan HDD Dari Efek yang Ditimbulkan

Inovasi teknologi yang ada pada SSD maupun HDD tentu memberikan efek eksternal yang berbeda. Untuk pengguna HDD yang terdapat pada laptop ataupun PC tentu sudah familiar dengan suara berisik yang ditimbulkan dari komponen di dalamnya. Sementara laptop yang sudah mengandalkan teknologi SSD tidak akan mengalami efek eksternal seperti suara bising. Secara keseluruhan, efek suara yang ditimbulkan oleh teknologi SSD lebih pelan. Tak hanya itu, laptop juga tidak akan cepat panas karena SSD tidak memiliki komponen yang terus bergerak.

Leave a Reply