Penyebab dan Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop dan PC

Kebutuhan akan laptop memang sangat penting bagi siapapun saat ini. Baik itu pelajar maupun pekerja, laptop sudah menjadi sebuah starter pack utama dalam aktivitas mereka. Maka jangan heran bila kerusakan atau error yang terjadi pada laptop kadang menyebabkan penggunanya frustasi luar biasa. Salah satu jenis permasalahan yang sering dihadapi ialah terjadinya blue screen pada laptop.

Blue screen sendiri biasa disingkat menjadi BSoD yaitu terjadinya error pada sistem operasi komputer sehingga aktivitas harus terhenti. Blue screen atau layar biru biasanya terjadi pada sistem operasi windows maupun sistem dengan bawaan windows lain contohnya adalah pada beberapa mesin ATM. Jika Anda sedang mengalami kasus ini maka jangan panik dulu. Cobalah mencari tahu dulu penyebabnya setelah itu tentukan solusi permasalahan laptop Anda.

Penyebab Blue Screen Pada Laptop

  • VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Penyebab yang pertama ini biasanya disebabkan oleh adanya error saat melakukan instalasi driver VGA Anda. Adapun solusinya adalah dengan cara menginstall ulang driver VGA Anda. Pastikan menggunakan driver yang telah terupdate.

  • BAD_POOL_CALLER

Kesalahan yang satu ini terjadi karena adanya kesalahan saat melakukan instalasi OS dan sering terjadi pada windows XP. Adapun solusinya adalah dengan menginstal ulang laptop Anda. Gunakanlah CD Windows atau ISO yang tidak corrupt. Jika setelah melakukan install ulang masih terdapat kesalahan bisa jadi kerusakan terjadi pada bagian hardware.

  • PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Penyebab kerusakan ini biasanya terjadi pada bagian hardware terutama pada memory atau RAM, VGA, hingga memory processornya.

  • INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Kasus yang satu ini biasanya terjadi akibat posisi jumper di bagian hardisk yang salah kemudian bisa juga karena terjadinya driver IDE Controller yang error. Penyebab yang lain bisa juga terjadi karena adanya virus boot sector. Adapun solusinya adalah dengan memeriksakan kondisi kabel IDE serta membersihkan virus pada boot sector. Setelah itu atur kembali jumper pada harddisk.

 

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop

  • System Restore

Ketika blue screen baru saja terjadi pada laptop Anda segeralah menggunakan system restore untuk mengatasinya. Dengan demikian laptop akan kembali ke keadaan sebelumnya. Jika cara ini masih belum berhasil maka kemungkinan blue screen disebabkan oleh kesalahan software.

  • Scan Malware

Malware menjadi masalah penting jika benar-benar menembus jauh masuk ke windows. Terlebih jika malware telah sampai di bagian kernel windows. Hal ini bisa menyebabkan tidak stabilnya sistem operasi pada komputer. Untuk mengatasinya adalah dengan melakukan scan antivirus terhadap malware.

  • Install Update Driver

Jika terjadi kesalahan install atau tidak melakukan update program maka bisa jadi menyebabkan blue screen pada komputer Anda. Solusinya ialah silahkan melakukan download driver terbaru dengan begitu komputer Anda bisa digunakan lagi.

  • Boot ke Safe Mode

Jika komputer Anda mengalami blue screen saat dinyalakan, maka cobalah untuk masuk ke menu safe mode. Saat safe mode dilakukan agar windows bisa mengambil driver-driver penting. Saat Anda melakukan kesalahan saat install driver dan menyebabkan BSOD maka Anda bisa menguninstallnya menggunakan safe mode.

  • Periksa Masalah Hardware

Blue screen juga terjadi karena adanya kegagalan hardware. Untuk mengatasi masalah ini cobalah mengetikkan memory diagnostics tools di menu start. Bisa jadi masalah ini juga terjadi akibat panasnya laptop saat digunakan.

  • Install Ulang Windows

Langkah terakhir adalah dengan menginstall ulang laptop Anda. Dengan demikian sistem komputer Anda akan kembali dari awal dan tidak ada kerusakan lagi.

Leave a Reply