Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100kb

Bagaimana cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb? Bukan hal yang aneh untuk mengubah ukuran gambar. Faktanya, jika Anda sering bekerja dengan gambar yang diunduh dari internet, Anda mungkin akan sering mengubah ukurannya.

Untungnya, kemampuan untuk mengubah ukuran gambar ada di hampir setiap aplikasi foto. Ini termasuk dua yang paling populer, yang diinstal pada setiap PC Windows 10 sejak awal: Foto, dan Microsoft Paint.

Namun, perhatikan bahwa ada perbedaan antara mengubah ukuran gambar menjadi lebih kecil, dan mengubah ukurannya menjadi lebih besar. Hampir setiap program, termasuk Foto dan Cat, dapat memperkecil gambar tanpa masalah. Namun, jika Anda menggunakan program ini untuk memperbesar gambar, Anda mungkin menemukan bahwa gambar kehilangan banyak kualitas.

Jika Anda perlu memperbesar gambar (lebih dari 100% dari ukuran aslinya) tanpa membuatnya menjadi piksel dan buram, maka Anda harus menggunakan program seperti Adobe Photoshop yang menyertakan fitur pengubahan ukuran cerdas.

Tetapi jika Anda perlu memperkecil gambar, atau Anda baik-baik saja dengan kehilangan kualitas gambar, berikut ini cara menggunakan alat pengubah ukuran gambar bawaan Windows.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100kb Dengan Aplikasi Bawaan Windows

Langkah dan Cara Bagaima Membuat dan Menyelesaikan Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100kb

Aplikasi Foto harus menjadi penampil foto default untuk hampir semua jenis gambar di Windows. Ini adalah cara termudah yang bisa dilakukan semua orang tanpa harus menggunakan aplikasi tertentu yang mungkin akan repot jika harus diinstal atau didownload.

  1. Klik dua kali file gambar yang ingin Anda ubah ukurannya untuk membukanya di Foto.
  2. Setelah dibuka, klik tiga titik di pojok kanan atas, lalu klik “Ubah ukuran”.

Pilih opsi “Ubah ukuran” dari menu samping. Inilah menu yang akan mengubah ukuran foto menjadi 100 Kb.

  1. Sebuah pop-up kecil akan muncul, menawarkan Anda tiga ukuran preset untuk gambar. Pilih salah satunya, atau klik “Tentukan dimensi kustom” di bagian bawah.
  2. Jika Anda memilih dimensi khusus, sebuah menu akan muncul yang memungkinkan Anda menyetel dengan tepat seberapa besar gambar yang Anda inginkan. Anda juga dapat memilih seberapa tinggi kualitas gambar yang diubah ukurannya – gambar berkualitas lebih tinggi terlihat lebih baik, tetapi memiliki ukuran file yang lebih besar.

Jika “Pertahankan rasio aspek” dicentang, Anda hanya perlu mengubah tinggi atau lebar, dan dimensi lain akan otomatis berubah untuk menyesuaikannya.

Setel dimensi baru Anda, lalu klik “Simpan salinan yang diubah ukurannya”.

Cara mengubah ukuran gambar di Windows menggunakan Microsoft Paint

  1. Jalankan Paint, yang biasanya dapat Anda temukan di menu Start. Jika tidak ada, Anda dapat mengetik “Paint” di kotak pencarian tombol Start dan mengkliknya saat muncul di hasil pencarian.
  2. Buka foto yang ingin Anda ubah ukurannya dengan mengklik “File”, lalu “Open”, dan memilih gambar dari file komputer Anda.
  3. Di tab “Beranda” di bilah menu atas, klik “Ubah ukuran”. Jendela “Ubah Ukuran dan Kemiringan” akan muncul.
  4. Masukkan ukuran gambar yang ingin Anda ubah ukurannya. Anda dapat menyetel ukuran berdasarkan persentase (yaitu “30 persen lebih besar”), atau klik “Piksel” dan masukkan dimensi yang Anda inginkan. Selama Anda tetap mencentang “Pertahankan rasio aspek”, Anda hanya perlu menentukan dimensi horizontal atau vertikal, dan dimensi lainnya akan disetel secara otomatis.
  5. Klik “OK” untuk melakukan perubahan.
  6. Simpan versi baru gambar Anda dengan mengklik “File”, lalu “Save As.”

Leave a Reply