Cara Menghapus, Membatalkan, Menarik Email yang Sudah Terkirim di Gmail

Mengirim email menggunakan Gmail memang sangatlah mudah. Selain itu Gmail juga memiliki berbagai fitur yang cukup lengkap. Bahkan saat provider lain tidak bisa mengirimkan email lebih dari 25 MB, Gmail bisa langsung menghubungkan dengan Google Drive sehingga dapat dikirim dengan sangat mudah.

Tetapi, karena pengiriman email sangat mudah inilah yang terkadang membuat kita melakukan keteledoran dalam pengiriman email. Misalnya saat sedang mengetik email justru terpencet kotak ‘Kirim’ padahal email belum selesai sepenuhnya. Hal ini pastinya akan mengurangi profesionalitas jika email digunakan untuk berhubungan dengan rekan kerja.

Selain itu, terkadang juga kita baru menyadari bahwa ada bagian yang kurang di dalam email saat email sudah dikirim. Masalahnya, secara default Gmail tidak bisa lagi membatalkan pesan yang telah kita kirim. Maka dari itu, ada beberapa pengaturan yang harus dilakukan oleh pengguna untuk bisa menarik kembali pesan yang terlanjur terkirim.

Untuk membatalkan email yang sudah terlanjur kita kirim, ada yang namanya fitur Urungkan Pengiriman pada Gmail. Fitur ini dapat menarik kembali email yang sudah terlanjur kita kirim sehingga tidak akan membuat penerima email kecewa atau merasa ada yang aneh dengan kiriman email kita yang belum sempurna. Pada bahasan kali ini kami akan menjelaskan cara untuk menghapus, membatalkan, menarik email yang sudah terkirim dengan mudah.

gmail sent

Cara Menghapus Email yang Sudah Dikirim

Mungkin kamu pernah ketika selesai mengirim email penting ke seseorang, kamu ingin segera menghapus email tersebut. Alasannya, khawatir jika ada orang lain yang membaca email tersebut, salah tujuan ke penerima atau karena Kuota Google drive untuk email kamu sudah penuh. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara menghapus email yang sudah dikirim dengan mudah.

  • Login ke akun Gmail kamu. Masukkan alamat email kemudian pilih Next.
  • Masukkan password Gmail kamu. Lalu pilih Next lagi.
  • Setelah itu masuk ke folder Sent untuk melihat email-email yang telah terkirim.
  • Pilih email terkirim yang ingin kamu hapus. kamu bisa menghapus banyak email sekaligus dengan melakukan centang seperti gambar berikut. Setelah itu klik ikon tong sampah untuk menghapus email-email tersebut.
  • Email berhasil dipindah ke folder Trash. Hal ini menyebabkan email-email tersebut tidak dihapus secara permanen.
  • Untuk menghapus email-email tersebut secara permanen, silakan pindah ke folder Trash.
  • Pilih email yang ingin dihapus selamanya / permanen kemudian pilih Delete forever.
  • Selesai, email-email tersebut berhasil dihapus secara permanen.

Cara Membatalkan/Menarik Email yang Sudah Terkirim

Jika penerima e-mail kamu menggunakan Outlook dan belum membaca atau memindahkan e-mail tersebut dari folder Inbox-nya, kamu masih memiliki kesempatan untuk membatalkannya. Hal seperti ini terjadi.

Misalnya, kamu membuat sebuah e-mail dan langsung meng-klik Send setelah itu, padahal kamu masih belum menyertakan attachmentnya. kamu bisa buru-buru melakukan recalling, atau mereplace e-mail yang sudah terkirim tersebut. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Tampilkan Folder List jika belum terlihat, yaitu dengan mengklik menu View * Folder List.
  • Klik Sent Items.
  • Buka e-mail yang ingin kamu recall atau replace.
  • Pada menu Actions, klik Recall This Message, sehingga muncul kotak dialog “Recall This Message”.
  • Pilih “Delete unread copies of this message” jika kamu ingin membatalkannya, atau pilih “Delete unread copies and replace with a new message” jika kamu ingin mengganti e-mail yang terkirim itu dengan yang baru. Jika kamu memilih pilihan kedua, kamu diminta untuk membuat e-mail yang baru. Jika kamu tidak membuat email pengganti tersebut, maka pilihan pertama (recall) yang dilakukan.
  • Tandai opsi “Tell me if recall succeeds or fails for each recipient” jika kamu ingin diberitahu status pembatalan kamu.
  • Klik OK untuk melaksanakannya.

Leave a Reply