Cara Menggunakan BlueStack di Mac dan Windows

BlueStacks adalah salah satu emulator Android paling populer di luar sana, menjembatani kesenjangan antara ekosistem desktop dan seluler dengan memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi dan game Android favorit mereka dari kenyamanan desktop atau laptop mereka. Melakukannya memungkinkan Anda memanfaatkan sumber daya yang lebih kuat yang tersedia untuk PC atau Mac, belum lagi manfaat menggunakan mouse dan keyboard.

Pertama kali dirilis pada tahun 2011, BlueStacks terus tumbuh bersama dengan ekosistem Android, mengumpulkan mitra investasi dari raksasa teknologi seperti Intel, AMD, Samsung, dan Qualcomm. Emulator ini gratis untuk digunakan dan didukung iklan meskipun jika Anda menggunakan BlueStacks Premium, Anda tidak akan melihat iklan lagi.

Ingin merasakan Android di desktop Anda? Berikut cara menggunakan BlueStack

Cara Menggunakan BlueStack di Mac dan Windows

BlueStacks tersedia untuk diunduh untuk Windows dan untuk mesin Mac dan Anda bisa mendapatkan unduhan penginstal 466 MB di sini. Program ini diinstal pada drive boot Anda (tanpa opsi untuk mengubah direktori instal, hanya lokasi Data Program), dan merupakan instalasi yang tidak merepotkan, tanpa perangkat lunak atau tambahan yang dibundel.

Satu hal lagi yang mungkin perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan Virtualisasi di pengaturan UEFI Anda saat startup. BlueStacks, seperti banyak emulator Android yang lebih baru, memanfaatkan teknologi virtualisasi perangkat keras yang dibangun ke dalam PC modern untuk membantu tugas emulasi, tetapi pengaturan ini biasanya dinonaktifkan di UEFI atau BIOS PC atau laptop Anda. Proses untuk mengaktifkan pengaturan ini bervariasi dari perangkat ke perangkat secara alami, tetapi biasanya akan melibatkan pemeriksaan untuk melihat apakah virtualisasi didukung oleh CPU Anda melalui manual, dan kemudian restart mesin Anda untuk membalik tombol di menu UEFI. Tanpa mengaktifkan virtualisasi, Anda mungkin akan mengalami hambatan kinerja yang besar.

Setelah Anda menginstal BlueStacks, langkah selanjutnya adalah masuk dengan akun Google Anda, sama seperti Anda menyiapkan smartphone atau tablet Android lainnya. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengakses akun Google Play Anda dari BlueStacks, sehingga Anda dapat menginstal aplikasi yang Anda beli dengan mudah.

Versi terbaru (Bluestacks 4) mengemulasi Android Nougat (7.x.x) dan layar beranda memungkinkan Anda mengakses Google Play Store dengan cepat, aplikasi yang diinstal, aplikasi yang disarankan (alias iklan), dan sejumlah pengaturan khusus Bluestacks di bilah menu.

Daftar Beberapa Kontrol dan Fitur Bluestack

Kontrol dalam aplikasi

Setelah Anda berada di dalam aplikasi, lebih banyak kontrol akan muncul, memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi orientasi perangkat, meniru kontrol kemiringan, dan memetakan keybindings dan mouse ke elemen layar sentuh. Sistem pemetaan kontrol yang praktis membantu Anda di sini, memungkinkan Anda membuat tombol virtual dan meletakkan hamparan kontrol untuk memudahkan pemetaan.

Game Android paling populer di luar sana seperti Fortnite dan PUBG Mobile, bahkan hadir dengan preset khusus untuk pengaturan satu atap dari game favorit Anda. Anda juga dapat mengatur Bluestacks untuk menerima masukan dari berbagai pengontrol, seperti misalnya pengontrol Xbox 360 atau Xbox One.

Manajer media

Alat lain yang mungkin berguna bagi Anda adalah Bluestacks ‘Media Manager, yang memungkinkan Anda mengimpor file dari sistem Windows Anda ke emulator BlueStacks dan sebaliknya. Anda dapat mengakses Manajer Media melalui Layar Beranda, dan dari sana, memindahkan file, foto, dan dokumen Anda ke dan dari sistem.

 

Leave a Reply