Cara mengembalikan file yang terhapus permanen

Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop, Komputer Maupun HP

Komputer sangat berguna untuk melakukan tugas sekolah, pekerjaan kantor atau maupun sekedar main game dan daring, Tentu saja tidak lepas dari tempat menyimpan berbagai data pribadi yang berharga. Kalau semua data tersebut hilang dan terhapus tentu sangat disayangkan. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang menyimpan kenangan dalam bentuk foto, video maupun sekedar catatan kecil atau anda bekerja dengan memakai komputer.

Lalu bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus dari komputer? Tidak perlu khawatir, ada lebih dari satu cara untuk mengembalikan file yang terhapus baik sengaja atau tidak tersengaja. Kamu hanya perlu melakukannya satu-persatu dan berharap file tersebut masih dapat terselamatkan.

Cara Tercepat Untuk Mengembalikan File Yang Hilang

Kamu yang mungkin minim pengetahuan tentang komputer bisa melakukan pemulihan data atau file sendiri dengan cepat. Ada cara yang paling mudah dan hanya memerlukan beberapa langkah saja, dan juga ada cara rumit untuk mengembalikan data yang sukar dikembalikan dengan cara yang gampang. Kamu dapat mengandalkan software atau memeriksa bagian penyimpanan komputer dan berharap data masih tersimpang di sana. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Folder Recycle Bin

Mari kita coba cara mengembalikan file yang terhapus paling mudah. Kalau kamu sedang menulis dalam Words dan mendadak data tersebut hilang atau kamu tidak dapat menemukan nama file yang baru saja kamu kerjakan, jangan panik dahulu.

Bisa jadi kamu menaruh file tersebut pada folder yang berbeda dengan folder yang diinginkan atau bisa juga ada masalah dengan komputer dan filemu tidak tersimpan.

Ada dua hal yang bisa kamu lakukan. Kunjungi folder Recycle Bin, siapa tahu file tersebut terhapus secara tidak sengaja. Bahkan saat kamu delete file tertentu dari komputer, mereka tidak benar-benar terhapus begitu saja. Mereka ada di Recycle Bin sementara waktu sampai kamu memnghapusnya secara permanen di folder tersebut.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah mencari file tersebut dalam sistem komputer. Bisa saja kamu punya beberapa penyimpanan yang secara tidak sengaja kamu taruh tanpa mengingat dimama folder tersebut. Kalau ada di sana, maka kamu cukup memulihkannya dengan memilih tombol restore pada file yang ada pada tempat tersebut.

Kalau cara mengembalikan file yang terhapus dengan cara ini maka cobalah untuk melakukan percarian memakai fitur search. Kamu hanya perlu mengetikkan nama file di kolom pencarian.

Restore Previous Versions

Kalau sudah mencoba menemukan lokasi file dan tidak membuahkan hasil. Maka hal berikutnya yang harus dilakukan adalah memakai mode restore previous version. Hal ini sangat mungkin dilakukan karena komputer secara otomatis akan menyimpan data yang kita ketik, presentasi yang sedang dibuat atau gambar yang belum kita simpan.

Kemungkinan sebagaian besar data yang sudah kamu buat ada yang tersimpan oleh sistem dan masih bisa dikembalikan. Walau mungkin ada bagian akhir yang hilang, setidaknya masih ada sebagaian besar yang terselamatkan.

Cara mengembalikannya adalah membuka file dengan jenis file yang sama. Kalau kamu sedang membuat words maka buka file tersebut. Demikian juga dengan file jenis lainnya. Pada folder dimana filemu telah terhapus dapat direstorasi dengan melakukan langkah sederhana. Kamu cukup membuka folder tersebut kemudian klik kanan dan akan muncul pilihan menu Restore Previous Versions, kamu pilih dan tunggu.

Selanjutnya komputer akan menunjukkan Previous Version yang merupakan hasil ketikan, gambar atau kompilasi datamu. Untuk mengembalikannya dalah cukup dengan memilih data tersebut dan klik restore file tersebut datanya benar-benar hilang.

 


Restor/Memulihkan Data Menggunakan Sofware Tambahan

Kalau kamu bekerja dengan komputer, tentu file dan data yang dikerjakan adalah benda penting dalam kariermu. Sebagai pencegahan untuk kalau ada kejadian dimana file ada yang terhapus, kamu dapat melakukan pencegahan dengan memasang aplikasi yang sesuai.

Software tambahan yang dapat mengembalikan file di komputer yang terhapus dapat menjadi jaring pengaman yang butuhkan. Tidak ada orang yang ingin mengulang tulisan atau data yang sudah dikerjakan. Kalau begitu kamu bekerja sampai dua kali dong.

Oleh karena itu, coba kamu pertimbangkan untuk membeli dan memasang sofware pengembalian data hilang dengan berbagai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Ada software yang tersedia dengan gratis ada juga yang memberikan jaminan proteksi ganda dengan softre bayaran untuk nominal tertentu.

1. Wise Data Recovery

Cara Mengembalikan File yang terhapus pada Komputer dapat dicoba dengan memakai Wise Data Reocvery yang perlu kamu unduh dan pasang pada komputer terlebih dahulu. Kalau ingin datamu tersimpan dengan baik maka pastikan untuk melakukan hal tersebut.

Wise Data Recovery dapat dengan sukses mengembalikan data yang hilang, hanya kalau Wise Data Recovery sudah terpasang saat data tersebut hilang. Kalau data hilang baru memasang, maka sepertinya solusi tersebut bukan penyelesaiannya.

2. Recuva

Recuva adalah aplikasi yang dapat kamu instal untuk mengembalikan data yang hilang baik sengaja maupun tidak. Kalau cara kerja Recuva sofware berbeda lagi. Kamu dapat memakainya tentu untuk mengembalikan file yang terhapus dengan cara praktis dan mudah.

Yang perlu kamu lakukan adalah hanya menginstalnya pada komputer dan kalau diperlukan file tersebut dapat dicari dan lacak hanya dengan memakai komputer yang digunakan. Cara pengunduhan, pemasangan dan juga mengembalikan file terhapus juga terbilang singkat dan praktis dibandingkan cara lain.

3. MiniTool Partition Recovery

Minitool partition recovery dapat mengembalikan semua jenis file yang terlanjur dihapus sebelumnya dengan sangat cepat. Kamu dapat memiliki versi versi gratis dan berbayar. Tentu layanan berbayar memberikan proteksi lebih baik dari segi kualitas dan kamu dapat memanfaatkan semua fitur yang ditawarkan.

Sedangkan layanan gratis tetap dapat mengembalikan file yang terhapus pada komputer hanya dengan kapasitas yang tidak terlalu canggih. Kamu dapat menilai sendiri apakah komputer milikmu lebih baik dipasangkan software berbayar atau tidak.

4. PC Inspector File Recovery

PC Inspector File Recovery sofware memberikan jaminan yang sama seperti software lainnya untuk mengembalikan file data. Kalau kamu mencari cara paling mudah dengan proses detail dan juga tanpa dipungut bayaran, kamu bisa mencoba PC Inspector File Recovery. Performa kerjamu akan didukung dengan sotware yang handal dan tanpa memerlukan biaya.

Itulah berbagai cara mengembalikan file yang terhapus dari komputer untuk kamu coba. Kamu hanya butuh ketelitian untuk dapat menemukan file yang dibutuhkan pada lapisan – lapisan keamanan bawaan komputer. Kalau ingin memiliki pengalaman yang lebih handal maka dapat memakai software penunjang yang sesuai dengan konten file berharga yang kamu simpan pada komputer.

Leave a Reply