Cara Mengecilkan Ukuran Video Online Tanpa Mengurangi Kualitas

Tidak ada yang lebih menjengkelkan dibanding keaadaan dimana saat kita mau upload video ke social media, baik Youtube, Instagram, dll tiba tiba ada peringatan “Video terlalu besar” padahal kita sudah capek capek mempercantik video kita, namun karena ukurannya terlalu besar, tidak bisa buat story WA/tiktokan.

Tapi kali ini kamu gak usah kecewa lagi, karena tips dan trik berikut Cara Mengecilkan Ukuran Video ini bisa kamu praktekkan agar ukuran video menjadi kecil tanpa mengurangi kualitas semula.

Cara Mengecilkan Ukuran File Video Video Hingga 80% Tanpa Mengurangi Kualitas

  1. Ekspor video Anda.Tips ini bisa digunakan oleh aplikasi/software edit video apapun, namun jika kamu menggunakan Premiere Pro, berikut caranya:  Buka file> ekspor media. Jika Anda menggunakan After Effects, buka Composition> Add to Adobe Media Encoder Queue. Setelah Media Encoder terbuka, klik tautan “file keluaran” dalam antrian untuk mengedit pengaturan.
  2. Di pengaturan video, gulir ke bawah ke pengaturan bitrate.Anda mungkin harus menekan panah bawah untuk membuka kotak.
  3. Alihkan encoding bitrate ke “VBR, 2 pass”. Tetapkan target dan bitrate maksimum ke 2 dan 5.Bitrate adalah istilah untuk mengukur jumlah data per detik dalam sebuah file video. Semakin tinggi bitrate kamu, semakin baik kualitas videonya.VBR adalah singkatan dari “variable bit rate” dan akan menyesuaikan bitrate di seluruh video kamu, bergantung pada kerumitan momen tertentu. Secara default, program Adobe menggunakan 1 pass VBR. Tetapi dengan menggunakan 2 pass VBR, kamu akan mempertahankan kualitas video sekaligus mengurangi ukuran file aslinya. Mungkin perlu waktu lebih lama untuk mengekspor video, tetapi ukuran file akhirnya akan jauh lebih kecil.

Cara Mengecilkan Ukuran File Video Video Menggunakan adobe premier

  1. Langkah yang pertama ialah, silahkan Anda mengunduh lalu menginstal aplikasi Timbre pada smartphone. Untuk menemukan aplikasi ini silahkan mengunduhnya secara gratis lewat Google Play Store
  2. Selanjutnya, setelah terinstall silahkan membuka aplikasi Timbre. Ketika muncul notifikasi izinkan akses ataupun allow maka silahkan mengklik izinkan. Sekedar informasi, aplikasi Timbre ini merupakan jenis aplikasi yang bisa Anda gunakan secara offline alias tanpa menggunakan koneksi internet. Dengan demikian Anda tidak perlu menggunakan data internet saat menggunakannya.
  3. Langkah selanjutnya, silahkan Anda masuk ke menu kemudian pilih menu Resize
  4. Kemudian, pilihlah video yang ingin Anda ubah ukurannya
  5. Jika telah memilihnya, selanjutnya silahkan mengatur resolusi dari video Anda. Untuk mengatur resolusi video silahkan atur menggunakan tampilan bar merah pada aplikasi. Semakin kecil resolusi yang Anda pilih maka ukuran video juga akan semakin kecil. Tentu hal ini akan berpengaruh pada kualitas gambar yang tidak tajam dan juga jernih
  6. Setelah memilih resolusi yang pas, Anda bisa langsung mengklik kompres atau kecilkan pada ikon kamera yang memiliki bulat merah. Selanjutnya, akan muncul pop up untuk memastikan apakah Anda ingin mengubah resolusinya atau belum
  7. Jika ya, maka silahkan mengklik pilihan save dan nantinya akan muncul pemberitahuan download.
  8. Video pun telah selesai diubah ukurannya. Video juga akan tersimpan secara otomatis pada galeri.

Saya sendiri sudah mepraktekkannya, semula video saya berukuran 100MB lebih, dengan cara diatas video akhir menjadi hanya 12MB, sungguh sangat luarbiasanya lagi, kualitas video setelah saya kompres tidak berkurang. Selamat mencoba….

Leave a Reply