Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Bagaiamana Mempercepatnya

Ketika anda telah bertahun-tahun menggunakan komputer, pasti pernah mengalami masalah komputer yang lemot ketika sedang digunakan.

Di saat komputer sedang bermasalah, tentu  akan mempengaruhi fitur Windows yang sedang berjalan. Sehingga anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadikan penyebab komputer lemot dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab & Cara Mengatasi Laptop Lemot

 

A. Penyebab Komputer Menjadi Lemot

Perlu diketahui bahwa komputer yang lemot dan berkurang performanya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

  1. Usia hardisk yang sudah terlalu lama atau berusia tua.
  2. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan dalam satu waktu.
  3. RAM yang ada pada komputer terlalu kecil dan tidak sesuai kebutuhan.
  4. Jarang update OS di komputer anda.
  5. Terlalu banyak Tabs yang dibuka pada browser.

B. 8 Cara Mengatasi Komputer Lemot

1. Restart komputer

Jika dirasa komputer semakin lemot saat digunakan, coba restart komputer anda. Namun jangan lupa untuk memastikan bahwa semua program yang berjalan di komputer telah ditutup dan tersimpan, sehingga data yang Anda kerjakan tidak hilang.

2. Update Windows

Pastinya Microsoft akan terus merilis update Windows baru yang berguna untuk memperbaiki komputer yang mulai melambat dan mempengaruhi kinerja sistem. Namun beberapa update Windows  membawa pengaruh yang signifikan terhadap kinerja sistem komputer.

3. Jalankan Disk Clean Up

Disk Clean Up ialah utility yang dapat dijadikan solusi untuk menghapus segala file yang tidak diperlukan. File yang dihapus biasanya seperti halaman web offline, file installer, dan file sementara.

Untuk mengakses Disk Clean Up ini, anda cukup membuka menu start lalu klik ikon Disk Clean Up di komputer anda.

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi jika semua aplikasi yang berada di komputer akan memakan tempat di hardisk seperti halnya aplikasi screen capture yang terlalu banyak. Hal itu berakibat fatal pada kinerja Windows jika kebanyakan menerima aplikasi.

Untuk itu, disarankan bagi anda agar menghapus aplikasi yang tidak diperlukan untuk menghindari Windows komputer yang lemot.

5. Upgrade RAM

Windows dan beberapa perangkat lain dapat ditingkatkan secara  signifikan apabila menambah kapasitas pada RAM.  Jika anda merasa bahwa komputer mulai lemot, cobalah untuk mengganti dengan RAM yang berukuran lebih besar dan disesuaikan dengan keperluan anda sehari-hari.

6. Cek Virus Dan Spyware

Virus yang ada pada Spyware dan Malware bukan hanya berbahaya bagi keamanan komputer, namun juga dapat meembuat kinerja Windows menjadi lemot.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya anda menginstal aplikasi anti-virus yang bertujuan untuk mengecek jika sewaktu-waktu  komputer terkena virus. Selain itu aplikasi anti virus juga dapat melindungi Windows.

7. Jalankan Perawatan Sistem

Windows pasti mempunyai layanan bulet-in yang digunakan untuk menjalankan perawatan sistem secara rutin seperti defragment harddisk dan memindai update-an terbaru serta mengecek Maurer.

8. Perhatikan Aplikasi Booting

Komputer bisa saja menjadi lemot karena terdapat banyak sekali program yang beroprasi secara otomatis ketika komputer dihidupkan.

Agar dapat mengatasi percepatan booting di Windows dan komputer, anda dapat membatasi aplikasi yang berjalan secara otomatis.

Caranya buka Task Manager dan klik tab start up. Di situlah Anda dapat melihat beberapa aplikasi yang sedang berjalan dan mengetahui dampak aplikasi tersebut terhadap performa komputer.

Leave a Reply