Ingin Koneksi wifi Kuat? Begini Cara Memperkuat Sinyal wifi

Kehadiran jaringan internet memang sangat penting saat ini. Terutama bagi para pekerja yang mewajibkan mereka harus standby dengan internet yang memiliki sinyal stabil.  Karena hal ini maka orang-orang pun memutuskan memasang wifi di rumah ataupun di kantor mereka. Namun, masalah yang sering ditemui oleh orang-orang ialah kendala akses jaringan wifi mereka sehingga membuat pekerjaan pun terhambat. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa masalah ini terjadi salah satunya ialah banyaknya pengguna wifi di daerah tersebut. Untuk mengatasinya, berikut adalah beberapa cara memperkuat sinyal wifi.

Beginilah Bagaimana Cara Memperkuat Sinyal wifi Tanpa Ribet

Memperkuat Sinyal Wifi

1. Gunakanlah Router Versi Terbaru

Ketika sinyal wifi Anda sudah lemah, penyebabnya bisa jadi karena router yang dipakai sudah sangat kuno. Biasanya teknologi yang dipakai pada router wifi tertulis menggunakan tipe A, B, G, dan N. Oleh karena itu, saat membeli pastikan router Anda telah di support dengan teknologi versi terbaru dan tercepat yaitu dengan menggunakan tipe N.

2. Pindahkanlah Lokasi Router

Untuk proses pemasangan router, Anda juga tidak boleh meletakkannya pada sembarang tempat. Taruhlah router di daerah yang lebih terbuka serta minim terhadap penghalang. Silahkan meletakkan router Anda di bagian ruang tengah,meja, dinding, langit-langit ataupun tempat yang memang memiliki lokasi yang baik.

3. Jauhkan Router Dari Perangkat Elektronik

Perlu Anda ketahui bahwa perangkat elektronik ternyata bisa mempengaruhi kekuatan sinyal wifi. Oleh karena itu, jauhkanlah router Anda dari alat elektronik seperti TV, speaker, radio, microwave, telepon, dan yang lain sebagainya. Letakkan router pada lokasi yang jauh dari perangkat elektronik. Karena pada dasarnya kekuatan sinyal wifi akan menjadi lemah karena pengaruh barang elektronik.

4. Update Firmware

Firmware yang dimaksud disini adalah program yang terdapat pada komputer dan smartphone android. Jika sebuah perangkat hardware tidak memiliki firmware maka sistem tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, saat terdapat notifikasi untuk mengupdate firmware terbaru, Anda bisa langsung melakukan update. Ini termasuk cara memperkuat sinyal wifi Anda sekaligus mengatasi permasalahan seperti bug pada firmware versi sebelumnya.

5. Lakukan Kontrol Bandwidth

Cobalah untuk kontrol bandwidth internet Anda. Beberapa penyedia layanan internet biasanya memang memberikan fair usage atau batas pemakaian wajar. Sehingga saat batas fair usage policy telah tercapai maka kecepatan koneksi wifi pun menjadi berkurang dengan sendirinya. Untuk itu aturlah pembatasan bandwith Anda dengan baik agar koneksi internet melalui jaringan wifi agar akses wifi Anda tetap dalam keadaan yang tetap.

6. Ganti Channel WiFi

Agar tidak terjadi gangguan antar jaringan wifi pada suatu lokasi maka cobalah untuk mengganti channel pada jaringan wifi. Pada dasarnya setiap modem dan router memiliki frekuensi 2.4 Ghz dan 14 channel yang bisa digunakan. Dengan mengganti channel wifi maka Anda bisa memilih channel yang kosong atau yang memiliki penggunaan yang sedikit sehingga tidak terjadi rebutan sinyal yang bisa mengakibatkan sinyal wifi menjadi lemah.

7. Ganti Password Baru

Cara lain yang bisa Anda coba ialah dengan mengganti password wifi Anda. Tidak bisa dipungkiri jika semakin banyaknya user yang terkoneksi dengan router bisa menyebabkan kecepatan internet menurun. Ini terjadi karena router akan bekerja lebih keras akibat banyak user yang terhubung. Tujuan dengan memasang password baru pada wifi Anda selain menjaga koneksi yang stabil juga untuk menghindari orang-orang yang tidak berkepentingan terhubung dengan wifi Anda.

Leave a Reply