Cara Membuat Tanda Tangan Digital dan Cara Scan TTD di Ms.Word Dengan Smartphone

Jika Anda sering melakukan tanda tangan digital secara berkala, cara membuat tanda tangan / scan TTD adalah dengan memindai/scan signature. Adapun tanda tangan digital adalah TTD yang sudah di scan kedalam format file PDF/jpg, sehingga akan mudah digunakan di kemudian hari saat diperlukan.

Jadi, apabila kamu sudah memiliki scan tanda tangan yang sudah tersimpan dalam bentuk gambar maupun PDF, anda bisa menggunakannya berulang kali, baik dipakai dalam dokumen Microsoft word maupun Ms. Excel dan dokumen kontrak lainnya.

 

Lalu, bagaimana cara melakukan scan tanda tangan yang mudah? baik melalui smartphone atau cara membuat TTD secara manual dari kertas, kemudian kita scan menggunakan scanner. Kalau masih bingung berikut ini saya jabarkan 6 langkah mudah bagaimana cara membuat signature/tanda tangan digital

6 langkah mudah cara membuat tanda tangan / scan TTD digital

 

  1. Buat Tanda Tangan Di Kertas

Langkah pertama, kamu harus membuat tanda tangan di secarik kertas portofolio, usahakan membuat TTD yang lebih besar dari biasanya, karena saat di scan nanti kemungkinan hasilnya akan mengecil. Alangkah baiknya membuat beberapa tanda tangan sekaligus, sehinnga anda memiliki banyak pilihan yang paling sesuai.

 

  1. Scan Tanda Tangan Anda

Setelah anda membuat tanda tangan di kertas, selanjutnya scan/pindai  menggunakan scanner atau smartphone, dan simpanlah dalam bentuk file DPI/ppg, bisa juga dalam format PDF. saya merekomendasikan menggunakan scanner khusus, agar hasilnya lebih jernih dan bagus.

Gambar yang dipindai/scan menggunakan DPI 600, akan menghasilkan kualitas yang lebih jernih, sehingga tanda tangan anda nampak asli dan berkualitas.

 

  1. Potong Tanda Tangan Hasil Scan

Setelah pemindaian/scanner selesai, selajutnya yang perlu anda lakukan adalah memotongnya/Crop gambar, sehingga hanya akan terlihat signaturenya saja. Jangan lupa menyimpannya ya.

Anda mungkin juga perlu menyesuaikan dan memindahkan tanda tangan sehingga sejajar dengan garis tanda tangan horizontal.

 

  1. Mengubah Background Tanda Tangan Menjadi Transparan

Setelah Anda memangkas gambar tanda tangan, Anda dapat menyimpannya di dokumen baru dengan latar belakang transparan. Anda dapat mengedit file gambar dengan Photoshop/online tools untuk merubah background mejadi transparan dan untuk menghilangkan warna putih yang masih ada di dalam dokumen.

 

  1. Simpan file sebagai PNG

Selanjutnya, Simpan file dalam format PNG, karena pada dasarnya PNG lebih bagus dearipada jpg, karena memiliki kualitas yang lebih jernah dan mudah diaplikasikan/ditempel ke semua file dokumen esignature.

 

  1. Gunakan tanda tangan pada kontrak dan dokumen

Sekarang, setelah Anda menyimpan tanda tangan digital yang dipindai, itu akan selalu tersedia untuk Anda unggah ke kontrak dan dokumen lainnya. Ini akan membantu Anda menandatangani dokumen dan menutup transaksi lebih cepat.

 

Beberapa orang juga suka menambahkan tanda tangan digital yang dipindai ke tanda tangan email mereka untuk sentuhan yang lebih pribadi. Pastikan Anda mengirim beberapa email percobaan sehingga Anda tahu tampilannya seperti yang Anda inginkan.

 

Leave a Reply