Cara Membuat Flashdisk Bootable

Seiring dengan berkembangnya zaman, saat ini sudah semakin banyak inovasi di bidang teknologi informasi. Bahkan sekarang sudah banyak orang yang tidak lagi melakukan instalasi sistem operasi menggunakan CD/DVD ROM, melainkan sudah menggunakan flashdisk untuk melakukan instalasi sistem operasi.

Penggunaan flashdisk lebih fleksibel dengan sisi portabilitasnya yang tidak perlu diragukan lagi. Selain itu batasan ukuran pada USB flashdisk jauh lebih besar daripada CD/DVD. Maka dari itu akan lebih mudah jika Anda melakukan proses instalasi PC menggunakan USB flashdisk.

Untuk melakukan install ulang menggunakan flashdisk, Anda harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu agar flashdisk  dapat digunakan menjadi USB bootable dan menjadi media installer. Nah, disini saya akan memberikan dua cara untuk membuat flashdisk bootable.

Cara Membuat Bootable Flashdisk di Windows 7/8/10

Cara Membuat Flashdisk Bootable

1.Membuat Flashdisk Bootable dengan Rufus

  • Pertama, silahkan Anda download dan install aplikasi rufus pada PC Anda.
  • Setelah di install, rufus secara otomatis akan berjalan dengan sendirinya dan akan muncul di menu halaman utama. Secara otomatis juga rufus akan langsung mendeteksi USB flashdisk yang telah Anda tancapkan pada port PC Anda. Setelah itu, silahkan Anda klik disk.
  • Lalu Anda akan diarahkan ke halaman browse. Disini Anda disuruh untuk mencari lokasi dimana Anda menyimpan file ISO installer sistem operasi yang akan diinstall tadi, kemudian klik open.
  • Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman rufus kembali. Disini Anda dapat melihat bahwa file ISO telah dipilih. Lalu klik start.
  • Kemudian akan muncul kotak warning, klik saja OK.
  • Selanjutnya rufus akan menjalankan prosesnya. Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  • Setelah proses selesai, klik saja close lalu restart PC Anda. Lanjutkan untuk memilih prioritas booting pada PC dan tempatkan flashdisk sebagai prioritas agar PC dapat langsung membaca flashdisk dan akan melakukan instalasi sistem operasi yang ada pada flashdisk bootable tadi.

2.Membuat USB Flashdisk Bootable dengan UNetbootin

  • Pertama, silahkan Anda mendownload dan menginstall aplikasi UNetbootin pada PC Anda.
  • Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan akan muncul halaman utama. Aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi drive atau port di mana flashdisk Anda ditancapkan. Lalu klik icon tiga titik horizontal pada tampilan aplikasi.
  • Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman browse. Disini Anda cari lokasi di mana Anda menyimpan file ISO installer sistem operasi yang nantinya akan diinstall. Lalu klik saja open.
  • Setelah itu, Anda akan diarahkan kembali ke tampilan awal aplikasi. Anda di sini bisa melihat bahwa file ISO sudah Anda pilih, lalu klik tombol OK.
  • Selanjutnya, aplikasi UNetbootin akan menjalankan prosesnya. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  • Setelah proses selesai, maka klik saja tombol exit.
  • Kemudian restart PC Anda dan lanjutkan untuk memilih prioritas booting pada PC dan tempatkan flashdisk sebagai prioritas agar PC dapat langsung membaca flashdisk dan akan melakukan instalasi sistem operasi yang ada pada flashdisk bootable tadi.

Aplikasi rufus dan UNetbootin merupakan dua aplikasi yang paling sering digunakan pada USB flashdisk bootable karena memang mudah dan cepat dalam proses booting. Demikian artikel yang membahas tentang cara membuat flashdisk bootable ini saya buat. Semoga Anda bisa mencoba cara tersebut untuk membuat flashdisk bootable. Semoga artikel ini juga bermanfaat bagi para pembaca dan bisa menambah ilmu baru.

Leave a Reply