Cara Kompres Video Agar Bisa Dikirim Melalui Email

Bagaimana cara kompres video? Nah, kompres video sangatlah diperlukan untuk memperkecil ukuran file video agar bisa dikirim ke email atau media komuikasi lainnya. Bayangkan, ada baru saja membuat video atau rekaman layar yang luar biasa dan Anda ingin membagikannya melalui email dengan teman atau kolega Anda. Segera setelah Anda melampirkan file dan menekan kirim, sistem email Anda tidak memungkinkan Anda untuk mengirim video.

File video dapat berkisar dari 10 MB untuk video satu menit, hingga seratus MB atau lebih untuk video yang lebih panjang, membuatnya terlalu besar untuk dilampirkan ke email.

Sebelum 2004, Anda memiliki dua opsi untuk berbagi file video besar — ​​salin file ke flash drive USB dan berikan ke kolega Anda, atau gunakan layanan berbagi seperti YouSendIt.

Saat ini, kami memiliki lebih banyak opsi untuk mengompres dan mengirim video besar melalui email.

3 Cara Kompres Video Agar Bisa Dikrim Melalui Email

  1. Buat file zip.

Cara paling umum untuk mengompres video adalah dengan mengubahnya menjadi file zip. File akan diperkecil ukurannya, dan kualitasnya tidak akan terpengaruh. Meskipun ini adalah cara yang cepat dan mudah untuk mengompresi video, Anda tidak akan melihat perubahan besar dalam ukuran file. Fitur ini tersedia untuk pengguna Windows dan Mac:

  • Klik kanan pada file video:
  • Pengguna Windows, pilih “Kirim ke> folder Terkompresi (di-zip)
  • Pengguna Mac, pilih “Compress name”
  1. Buat video lebih pendek dan lebih kecil dengan iMovie di Mac.

Sebagian besar perangkat Mac kini hadir dengan iMovie, alat pengeditan film gratis dari Apple. Dengan iMovie, Anda dapat mempersingkat video Anda dan hanya mengirim sebagian saja, jelas memperkecil ukuran file. Selain itu, iMovie berisi fitur yang mempersiapkan file Anda untuk email yang membantu mengompresnya untuk pengiriman:

  • Buka iMovie dan klik panah di kiri atas bilah menu.
  • Pilih file yang ingin Anda impor di komputer Anda dan klik “Film Saya”.
  • Pilih bagian video yang ingin Anda gunakan dan klik “+” (Tambahkan bagian tersebut ke film).
  • Untuk mengekspor, klik “File> Share> Email” dan pilih “Small” untuk memperkecil ukuran file.
  • File yang lebih kecil sekarang akan terbuka di email kosong, siap dikirim.
  1. Gunakan layanan cloud.

Dropbox, Google Drive, One Drive, dan lainnya adalah layanan cloud yang memungkinkan Anda berbagi file video besar dengan mudah. Mereka semua bekerja kurang lebih dengan cara yang sama, dengan terlebih dahulu mendaftarkan akun kemudian mengunduh klien desktop, atau mengakses layanan secara online. Kemudian Anda dapat mengunggah file video dan membagikan tautan yang dihasilkan melalui email dengan kolega atau teman Anda.

Anda juga bisa mengunggah video ke cloud storage dan mendapatkan link download untuk video tersebut. Kemudian, berikan linknya kepada orang yang Anda inginkan. Namun, pastikan link itu tidak menyebar agar video yang Anda kirim tidak disalahgunakan.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat video menjadi lebih kecil dan pada akhirnya bisa dikirim melalui berbagai media yang Anda inginkan seperti e-mail atau whatsapp. Cara ini aka sangat memudahkan Anda dan juga akan tetap menjaga kualitas video yang Anda kirimkan tetap bagus dan berkualitas tinggi.

Leave a Reply