Cara Backup Data Android Ke Laptop dan PC

Bagaimana cara backup Data android ke PC? Ini adalah hal yang paling penting untuk dilakukan namun terkadang terlupakan. Melakukan backup data dari Android ke PC sebenarnya tidaklah memakan waktu lama dan tidak membutuhkan proses yang panjang. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah.

Sangat disarankan untuk melakukan backup data secara rutin untuk mencegah kehilangan data bila suatu saat smartphone Anda mengalami kerusakan. Oleh karena itu, pastikan Anda rutin dalam melakukan backup dan mengaktifkan fitur backup otomatis bila perlu.

Jika Anda belum menggunakan Google Foto, Anda harus menggunakannya. Layanan ini secara otomatis backup setiap foto dan video yang Anda ambil ke cloud, jadi Anda tidak perlu lagi backup media secara manual. Jika aplikasi Foto belum ada di ponsel Anda, Anda dapat mendownloadnya di Playstore. Setelah dipasang, Anda harus memastikan Foto disetel untuk backup file Anda secara otomatis.

Berikut Cara Backup Data android ke PC

  • Buka aplikasi Google Foto
  • Di menu, buka Pengaturan
  • Ketuk Backup & Sync
  • Pastikan tombol auto backup dihidupkan

Bagian terbaik tentang Google Foto? Anda dapat mengupload file sebanyak yang Anda inginkan secara gratis. Namun, Google akan segera mengubah aturan itu. Mulai 1 Juni 2021, setiap foto dan video baru yang Anda unggah akan dihitung dalam 15 GB penyimpanan gratis yang disertakan dengan setiap Akun Google. Jadi dengan begitu Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat untuk melakukan backup data, kan?

Jangan khawatir, karena foto atau video apa pun yang Anda unggah dalam kualitas tinggi sebelum 1 Juni 2021 tidak akan dihitung dalam 15 GB penyimpanan gratis dan akan tetap dianggap gratis dan dibebaskan dari batas penyimpanan.

Anda juga harus tahu bahwa jika Anda backup foto dan video dalam kualitas asli, foto dan video tersebut akan terus menggunakan penyimpanan gratis sebesar 15 GB di Akun Google Anda.

Cara Backup Data Android Menggunakan USB (semua file)

  1. Pastikan ponsel Android tidak terkunci, hubungkan ke PC menggunakan kabel USB.
  2. Ketuk notifikasi Mengisi daya perangkat ini melalui USB di notifikasi ponsel.
  3. Ketuk Transfer File.
  4. Ponsel sekarang akan muncul di File Explorer sebagai drive USB. Pindahkan file antara ponsel dan PC seperti yang Anda lakukan pada USB flash drive.
  5. Keluarkan telepon setelah selesai dan cabut dari PC.

Ponsel menjadi lebih baik dalam backup data secara otomatis, tetapi sayangnya selalu ada kemungkinan Anda akan kehilangan ponsel atau menjatuhkannya ke dalam air dan kehilangan segalanya. Untungnya, ada banyak cara untuk backup data tersebut, memastikan bahwa meskipun sesuatu terjadi pada ponsel Anda, Anda tidak akan kehilangan semua data.

Baik itu melalui Google, aplikasi pihak ketiga, atau komputer Anda, berikut ini cara backup ponsel dengan benar untuk memastikan Anda tidak pernah berada dalam situasi di mana Anda berakhir dengan kehilangan data.

Backup sebagian besar data Anda sebenarnya cukup mudah dengan Google, dan ini menjadi jauh lebih mudah selama beberapa tahun terakhir. Sayangnya, belum ada metode backup untuk ponsel Android melalui Google, tetapi ada cara untuk backup berbagai jenis data. Namun, perlu diingat bahwa opsi ini tidak mencakup hal-hal seperti SMS, meskipun kami memiliki artikel lengkap untuk membantu Anda.

Leave a Reply