Bagaimana Cara Restore Windows 10 Dengan Restore Point?

Bagaimana cara restore windows 10 ? System Restore adalah fitur praktis yang mengambil cuplikan dari perangkat lunak PC, registri, dan konfigurasi driver pada titik waktu tertentu yang disebut titik restore. Anda kemudian dapat, jika perlu, mengembalikan PC Anda ke titik waktu tersebut.

Berikut ini adalah panduan untuk restore windows 10 dari jibrot.com yang bisa langsug Anda terapkan untuk mengembalikan Windows 10 ke titik sebelumnya jika terjadi error yang membuat Anda tidak bisa menggunakan windows itu lagi.

Cara Restore Windows 10 Dengan Restore Point

unistall program

Ini adalah langkah awal untuk restore Windows 10, yakni dengan menggunakan fitur restore point. Untuk menggunakan Restore Sistem, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu dan membuat titik restore.

  • Pergi ke kolom pencarian di taskbar Anda dan ketik “system restore,” yang akan memunculkan “Create a restore point” sebagai yang paling cocok. Klik itu.
  • Telusuri dan pilih “Buat titik restore”.

Ini akan memunculkan jendela System Properties (yang akan terlihat agak kuno dibandingkan dengan kebanyakan antarmuka Windows 10 saat ini). Anda akan berada di tab Perlindungan Sistem. Jika Anda belum pernah menggunakan Restore Sistem, semua tombol akan berubah warna menjadi abu-abu kecuali “Konfigurasi”. Pastikan drive Anda yang tersedia (biasanya drive C: , Saat Partisi Harddisk) disorot, lalu klik “Configure.”

  • Klik “Configure …” untuk mengatur System Restore.
  • Di bawah “Restore Settings,” pilih “Turn on system protection”. Jika mau, Anda dapat memilih ruang disk maksimum yang akan digunakan untuk titik restore Anda; setelah itu, yang lebih lama akan dihapus untuk mengosongkan ruang. Biasanya, 1GB hingga 5GB sudah cukup, tergantung pada ukuran hard drive Anda. Klik “Oke”.
  • Pilih berapa banyak ruang yang akan didedikasikan untuk System Restore.
  • Anda akan kembali ke jendela System Properties. Sebaiknya segera buat titik restore baru, jadi klik tombol “Buat …”.
  • Beri nama titik restore Anda di jendela pop-up, dan klik “Buat”. Setelah satu atau dua menit, Anda akan melihat munculan lain yang bertuliskan “Titik restore berhasil dibuat”. Klik “Tutup”.
  • Anda dapat memberi nama titik restore Anda.

Dan selesai! Perlu diingat bahwa titik restore baru hanya dibuat jika, menurut Microsoft, “Anda menginstal aplikasi baru, driver, atau pembaruan Windows“. Anda juga dapat mengikuti petunjuk di atas setiap kali Anda ingin membuat titik restore secara manual. Misalnya, jika Anda akan melakukan sesuatu yang eksperimental dengan sistem Anda. (Ada cara agar PC Anda secara otomatis membuat titik restore setiap kali boot, tetapi itu melibatkan bekerja dengan registri PC; artikel ini hanya akan membahas dasar-dasarnya.)

Cara Menggunakan Restore Point

Jadi, katakanlah Anda baru saja mengupload game baru yang kemudian menyebarkan iklan dan hal-hal menjengkelkan lainnya ke seluruh sistem Anda. Saatnya menggunakan titik restore Anda untuk kembali ke masa sebelum Anda membuat kesalahan itu.

Pergi ke kolom pencarian di taskbar Anda dan ketik “system restore,” yang akan memunculkan “Create a restore point” sebagai yang paling cocok. Klik itu.

Sekali lagi, Anda akan menemukan diri Anda di jendela System Properties dan tab System Protection. Kali ini, klik “System Restore …”

Anda akan mendapatkan jendela pop-up berjudul “Pulihkan file dan setelan sistem”. Klik Berikutnya.

Anda akan mendapatkan daftar semua titik restore yang telah dibuat, termasuk tanggal dan waktu pembuatannya, apa namanya, dan apakah dibuat secara manual. Pilih yang mana Anda ingin kembali.

Leave a Reply