Apa Perbedaan Metode Kualitatif dan Kuantitatif

Mungkin sebagian dari kamu masih belum mengetahui perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Nah, sebelum kamu mengetahui perbedaan kualitatif dan kuantitatif. Sebaiknya, ketahuilah terlebih dahulu pengertian dari keduanya.

Jadi, Penelitian Kualitatif adalah metode untuk mencari data, kemudian mengumpulkannya yang bersifat pemahaman dan tidak bisa diukur dengan angka. Biasanya ditujukan untuk memperoleh alasan, pendapat, serta motivasi masyarakat terhadap sebuah data, yang akan disimpulkan dalam bentuk teori atau hipotesis.

Sedangkan, penelitian kuantitatif merupakan metode untuk mencari dan mengumpulkan data yang dapat diukur dengan persentase atau angka. Biasanya data akan diproses lebih lanjut menggunakan teori, model, dan rumus matematika dan dari data tersebut nantinya akan diambil suatu kesimpulan.

Apa Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif

Berdasarkan Jenis Data

Jenis data yang dimiliki oleh penelitian kualitatif berbentuk deskriptif atau menggambarkan tentang fenomena atau fakta penelitian secara apa adanya. Selain itu, penelitian ini juga berbentuk eksplorasi yakni data yang dihasilkan berasal dari penyelidikan ataupun penjelajahan lapangan agar informasi yang didapatkan lebih banyak.

Sedangkan, penelitian kuantitatif mempunyai jenis data yang berbentuk numerik atau sistem angka. Selain itu, juga berbentuk statistik yaitu data yang sudah dikelompokkan jadi bisa memberikan informasi mengenai suatu masalah atau gejala.

Berdasarkan Dampak

Hasil penelitian kualitatif punya dampak atau akibat yang terbatas pada situasi tertentu. Jadi, hasil penelitian ini gak bisa disimpulkan dalam pengaturan yang berbeda. Sedangkan, Penelitian kuantitatif mempunyai dampak atau akibat berupa fakta atau teori yang berlaku secara umum. Jadi, dimanapun dan kapanpun sebuah penelitian dilakukan maka fakta itu berlaku.

Berdasarkan Tujuan Penelitian

Setiap penelitian pasti mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Dalam penelitian kualitatif, tujuan pertama yang ingin dicapai yaitu memperoleh pemahaman mengenai sebuah kasus secara mendalam agar gak ada kekeliruan terhadap kasus tersebut.

Lalu untuk mengembangkan teori yang sudah ada dengan menyajikan fakta dari penelitian yang sudah dilakukan. Dan yang terakhir Yang untuk mendeskripsikan atau menggambarkan realitas dan kompleksitas sosial.

Sedangkan, tujuan penelitian kuantitatif adalah untuk menjelaskan hubungan atau keterkaitan antar variabel yang diteliti. Kemudian untuk menguji kebenaran teori yang sudah ada dengan menyajikan data dalam bentuk angka. Dan untuk melakukan penarikan kesimpulan terhadap fenomena sosial yang diteliti.

Berdasarkan Metode

Metode merupakan cara yang dipakai peneliti buat mengumpulkan data penelitian. Buat kualitatif, metode yang dipakai merupakan metode fenomenologi yaitu studi mengenai pengalaman hidup atau fenomena yang terjadi.

Sedangkan Metode yang bisa dilakukan pada penelitian kuantitatif yaitu eksperimen yang biasanya dilakukan dengan percobaan. Survey yang dilakukan dengan mengumpulkan primer dengan cara memberikan pertanyaan – pertanyaan ke individu. Selain itu, juga metode korelasi, regresi, analisis jalur.

Berdasarkan Representasi Data

Dalam penelitian kualitatif, data yang mewakili dalam hasil penelitian berupa interpretasi atau pandangan peneliti terhadap fenomena yang ditelitinya. Sehingga, bentuk laporannya akan berupa deskripsi. Sedangkan, Data yang mewakili penelitian kuantitatif disajikan dalam bentuk hasil perhitungan atau berupa angka.

Berdasarkan Pengumpulan Data

Penelitian kualitatif berfokus pada hal yang tidak bisa di ukur baik buruknya suatu fakta, jadi mengharuskan peneliti menggali lebih dalam data mengenai fakta tersebut. Makanya, kualitas penelitian ini tidak ditentukan oleh kuantitas atau jumlah narasumber, tapi seberapa dalam peneliti menggali informasi yang lebih spesifik dari narasumber yang dipilihnya.

Sedangkan, Pengumpulan data penelitian kuantitatif dilakukan dengan serangkaian instrumen penelitian seperti tes dan kuesioner. Data yang sudah terkumpul akan dikategorikan ke dalam kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya.

Beda dengan kualitatif, kualitas penelitian kuantitatif dipengaruhi oleh banyaknya jumlah responden yang terlibat.

Leave a Reply