Apa Perbedaan JPG dan JPEG Dalam Format Gambar?

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai perbedaan JPG dan JPEG. Sebagaimana telah diketahui bahwa JPG dan JPEG merupakan format foto yang sering kita gunakan. Ketika Anda menyimpan sebuah foto, baik itu di komputer maupun di smartphone, maka format dokumen tersebut akan berubah menjadi .jpg atau .jpeg. Hal itulah yang sering disebut dengan ekstensi file.

Kedua format tersebut paling banyak digunakan karena ukuran filenya yang relatif kecil tanpa harus mengurangi kualitas gambar. Terlepas dari itu, tentunya masing-masing format memiliki perbedaan. Namun, secara umum tidak ada perbedaan besar antara format JPG dan JPEG, bahkan keduanya sering digunakan bersamaan dalam 1 dokumen. Berikut ini bisa Anda simak perbedaan antara JPG dan JPEG.

Detail Perbedaan JPG dan JPEG

Pada dasarnya, perbedaan JPG dan JPEG terletak pada jumlah karakter yang digunakan. Saat ini format JPG sudah familiar oleh mayoritas orang, sehingga lebih sering dipilih. Untuk kualitas fotonya sebenarnya tidak ada bedanya, Jadi kualitas pada format JPG dan JPEG sama-sama bergantung pada besar piksel dari foto itu sendiri.

Nah, untuk ukuran filenya, JPG dan JPEG cukup kecil dengan kisaran hanya beberapa megabyte saja. Maka dari itu JPG dan JPEG kerap menjadi favorit web-web di internet.

Format JPG

Format JPG bisa hadir karena dulu pada versi windows lama memerlukan ekstensi 3 huruf untuk nama file. Jadi format .jpeg disingkat menjadi .jpg. Pada saat itu, windows atau DOS memiliki keterbatasan, sedangkan untuk UNIX tidak ada, Jadi para pengguna UNIX dan MAC bisa menggunakan ektansi .jpeg.

Tentunya, karena saat ini windows sudah ada versi baru dan ekstensi file sudah mulai banyak, muncullah .jpeg di windows yang seakan format baru padahal bukan. Jadi saat ini windows telah mendukung format penamaan dengan 4 huruf. Jadi Anda bisa membuka file foto dengan format .jpeg maupun .jpg di windows.

Format JPEG

JPEG merupakan ekstensi file yang memiliki kepanjangan Joint Photographic Experts Group. JPEG adalah sebuah standar ISO yang dulu dirilis pada tahun 1992. JPEG adalah format dari kompresi bitmap yang paling umum digunakan, biasanya untuk kepentingan lossy compression dengan rasio kompresi yang beragam.

Selain itu, format .jpeg ini paling sering digunakan oleh kamera digital dan perangkat lainnya. Namun, meskipun format ini bagus untuk warna dan foto, penting juga untuk Anda ketahui kalau kualitas fotonya berkurang karena adanya proses kompresi.

Keunggulan JPG atau JPEG

Keunggulan dari format JPG dan JPEG yang paling utama yaitu mempunyai tingkat kompresi tinggi, namun tetap menggunakan warna true coloor yaitu 24 bit. Jadi meskipun ukuran file nya kecil, namun warna yang ditampilkan tetap akurat, sehingga untuk kualitas foto tetap terjaga dengan baik.

Seiring berkembangnya teknologi modern, sistem operasi juga ikut berkembang dan memungkinkan Anda untuk menggunakan ekstensi yang lebih besar. Keterbatasan ekstensi pada file seperti .jpg dan .jpeg saat ini sudah mulai hilang karena format keduanya sudah bisa diterima secara luas oleh masyarakat. Mungkin untuk perbedaan yang jelas pada JPG dan JPEG yaitu hanya terletak pada jumlah huruf yang dipakai.

Demikian artikel tentang perbedaan jpg dan jpeg ini saya buat, semoga apa yang saya bahas dalam artikel ini bisa bermanfaat dan Anda bisa memperoleh ilmu baru, dan jangan lupa untuk melanjutkan membaca bagaimana cara screenshot dilaptop dengan mudah.

Leave a Reply