Apa Perbedaan 32 bit dan 64 bit Dalam Sistem Operasi Windows

Pernahkah Anda mengenal istilah 32 bit dan 64 bit? Ya kedua istilah ini merupakan bagian dari basis sistem operasi windows. Seperti yang telah diketahui bahwa windows merupakan sistem operasi terbesar di dunia saat ini. Hampir seluruh komputer maupun laptop menggunakan sistem operasi windows.  Menurut sebuah penelitian, di tahun 2021 ini windows telah memiliki pengguna sebanyak 76,26 persen sedangkan pengguna Mac Os hanya mencapai 16,91 persen saja. Dari data tersebut menyimpulkan bahwa pengguna windows masih mendominasi pengguna sistem operasi berbasis desktop di seluruh dunia saat ini.

Kembali kepada pembahasan 32 bit dan 64 bit. Kedua jenis sistem ini memang memiliki kemiripan, perlu ketelitian agar bisa melihat perbedaan dari keduanya. Nah, untuk melihat perbedaan 32 bit dan 64 bit ini langsung saja menyimak ulasan berikut ini.

Perbedaan 32 Bit Dan 64 Bit

Cara mengetahui apakah laptop 32 bit atau 64 bit?

Performa 32 Bit dan 64 Bit

Jika dilihat dari segi performanya, windows 32 bit dan 64 bit menggunakan teknologi prosesor yang berbeda. Untuk Anda yang memiliki pekerjaan ringan seperti mengetik laporan dan lain sebagainya mungkin cocok dengan sistem windows 32 bit ini. Namun, jika memiliki pekerjaan berat seperti gaming, edit video, desain grafis dan lainnya makan desktop Anda cocok menggunakan prosesor berteknologi 64 bit.

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penggunaan sistem windows 32 bit dan 64 bit berpengaruh pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan di desktop.

Jumlah RAM

Jika membutuhkan RAM berkapasitas besar maka windows 64 bit adalah jawaban yang paling tepat. Adapun windows 32 bit secara default hanya mampu menerima data sebanyak 4GB atau sekitar 3,2GB saja. Sebaliknya, windows 64 bit mampu membaca RAM dengan kapasitas yang lebih besar yaitu di atas 4GB.

Kemampuan dalam memproses data

Sekedar informasi untuk Anda, istilah bit ini sendiri merupakan sebuah nilai satuan pada data. Semakin besar angkanya maka semakin besar pula data yang bisa diproses oleh sistem. Dapat disimpulkan bahwa pada satu putaran waktu, sebuah komputer dengan windows 32 bit mampu memproses data sebanyak 232 sedangkan untuk komputer dengan 64 bit mampu memproses data sebanyak 264 untuk satu waktu putaran.

Kompatibilitas software

Perbedaan windows 32 bit dan 64 bit juga bisa dilihat dari kompatibilitas softwarenya. Untuk windows dengan sistem 32 bit tidak mampu menjalankan sistem software pada komputer yang memiliki windows 64 bit. Sebaliknya, windows 64 bit jelas mampu menjalankan software pada sistem 32 bit serta 64 bit.

Kelebihan 32 bit dan 64 bit 

Kelebihan Windows 32 Bit

  • Pengguna bisa menjalankan software pada aplikasi lama yang menggunakan basis 16 bit meskipun saat ini software 16 bit sudah mulai tidak digunakan
  • Sangat kompatibel dengan penggunaan driver komputer dengan seri lama
  • Cocok digunakan untuk komputer ataupun laptop yang masih menggunakan seri lama
  • Dapat dioperasikan secara optimal walaupun RAM yang digunakan tergolong kecil yaitu di bawah 4 GB

Kelebihan Windows 64 Bit

  • Memiliki performa yang lebih cepat dan efisien untuk memproses data yang besar
  • Memiliki prosesor dengan kinerja yang lebih optimal
  • Dapat menjalankan software dengan basis sistem 32 bit maupun 64 bit
  • Sangat bisa digunakan untuk mengoperasikan berbagai jenis software terbaru
  • Sangat bisa diandalkan untuk pekerjaan berat seperti gaming ataupun edit video
  • Memiliki tingkat kompatibilitas software yang lengkap

Leave a Reply