4 Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Smartphone

Saat ini, hampir semua orang telah memiliki ponsel pintar. Ketertarikan mereka yang cukup besar terhadap smartphone disebabkan oleh layanan aplikasi-aplikasi yang tersedia di ponsel mereka. Karena banyaknya aplikasi yang diinstall menyebabkan ruang memori utama penuh, sehingga ketika mau menambah aplikasi kita harus menghapus/membersihkan ruang terlebih dahulu. Bahkan, permasalahan yang paling sering dikeluhkan oleh beberapa pemilik ponsel berjenis smartphone ini, yaitu ruang penyimpanan internal yang sudah penuh akibat banyaknya data aplikasi yang harus ditanggung oleh gawai tersebut.

Sementara itu, menghapus aplikasi yang sebelumnya telah terinstal dengan baik di smartphone terkadang menjadi solusi yang begitu disayangkan, sebab keseringan menghapus aplikasi dapat berakibat dari hilangnya beberapa data yang bisa jadi masih cukup dibutuhkan. Dalam kondisi yang seperti ini, menyiapkan penyimpanan tambahan atau penyimpanan eksternal pada smartphone dapat menjadi jalan keluar yang lebih baik.

Menggunakan kartu SD atau SD card pada ponsel dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif penyimpanan yang bersifat eksternal. Akan tetapi, karena namanya adalah penyimpanan eksternal, maka ada beberapa langkah pemindahan data dan aplikasi yang harus dilakukan dari penyimpanan sebelumnya. Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa cara memindahkan aplikasi ke kartu SD yang dapat dilakukan.

Tips dan Cara Bagaimana Memindahkan File atau Aplikasi Ke Kartu SD

 

1. Menjadikan Kartu SD Sebagai Penyimpanan Utama

Penyimpanan ponsel cenderung lebih cepat penuh karena seluruh aplikasi yang telah terunduh ke dalam ponsel umumnya akan tersimpan secara otomatis ke penyimpanan internal sistem yang ada. Oleh karena itu, dengan adanya kartu SD sebagai penyimpanan eksternal, Anda dapat mengubah pengaturan penyimpanan utama pada ponsel Anda dengan format kartu SD. Sehingga seluruh aplikasi tidak perlu tersimpan otomatis lagi ke penyimpanan internal yang mudah penuh.

2. Memindahkan Aplikasi Secara Manual Di File Manager

File manager adalah salah satu layanan menu yang disediakan smartphone untuk mengatur berbagai data penyimpanan yang ada di ponsel. Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD melalui menu ini, yakni dilakukan dengan cara memindahkan satu per satu file mentahan aplikasi yang dapat ditemukan dalam File Manager tersebut.

3.  Melalui Pengaturan Masing-Masing Aplikasi

Melalui layanan pengaturan di ponsel, aplikasi juga dapat dipindahkan satu per satu ke penyimpanan kartu SD (SD card). Langkah yang perlu dilakukan yaitu dengan masuk ke pengaturan lalu ke bagian Aplikasi atau Apps. Pada bagian ini, Anda dapat mengubah informasi penyimpanan pada tiap-tiap aplikasi yang ingin dipindahkan ke format penyimpanan kartu SD.

4. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Seringkali ketika akan memindahkan aplikasi, kita kesulitan dalam menemukan file mentahan dari aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, menggunakan aplikasi tambahan, seperti SHAREit dapat digunakan sebagai salah satu cara memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan mentransfer aplikasi dari ponsel satu ke ponsel lainnya. Meskipun cukup ribet, tapi cara ini bisa jadi pilihan ketika Anda ingin mengisi atau memindahkan aplikasi ke kartu SD, namun kesulitan untuk mencari file mentahannya.

 

Nah, begitulah bagaimana cara memindahkan aplikasi atau file dari memori internal ke memori eksternal (kartu SD) Jika kamu masih merasa kesulitan, bisa meminta bantuan teman atau tetangga, jika tidak memungkinkan silahkan mendatangi gerai outlet atau tukang services. Namun sebelum memutuskan untuk ke service center alangkah baiknya dicoba dulu, agar dikemudian hari sudah mengerti dan paham.

Leave a Reply