Langkah Mudah Cara Partisi HardDisk Windows Di Laptop

Istilah hardisk tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Perangkat ini menjadi salah satu komponen pada PC yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan sistem. Untuk ukuran hardisk sendiri bermacam-macam, mulai dari 80 GB, 260 GB, 250 GB, 1 TB dan seterusnya. Sedangkan untuk partisi sendiri yaitu istilah yang digunakan untuk pembagian ruang khusus penyimpanan data.

Pada sistem operasi windows, partisi ini umumnya ada di drive letter D, sehingga sering disebut juga dengan partisi D atau drive D. Sebagaimana saat Anda membeli PC baru atau setelah install ulang, partisi hardisk yang besar terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan. Akibatnya, penyimpanan data menjadi tidak rapi karena banyak file-file yang tercampur menjadi satu.

Maka untuk mengatasi hal tersebut, Anda cukup membuat partisi baru. Nah berikut ini, ada cara untuk membuat partisi hardisk di windows.

Detail Cara Partisi Hardisk di Windows

1.Buka Disk Management

Pertama, buka disk management. Untuk windows 10 dan 8, gunakan saja power use menu untuk memulai disk management agar lebih mudah. Anda juga bisa memulai disk management melalui CMD.

2.Klik Konversi Disk Wizard

Ketika disk management sudah dibuka, akan tampil pesan yang bertuliskan ‘you must initialize a disk before logical disk manager can access it’. Untuk windows XP, Anda akan melihat pop up dan konversi disk wizard. Ikuti saja langkah wizard tersebut dan pastikan untuk tidak memilih opsi untuk convert disk, kecuali Anda butuh.

3.Klik GPT

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih style partisi pada hard drive yang baru. Anda pilih GPT jika hard drive baru yang Anda install berukuran 2 TB atau lebih. Setelah membuat pilihan, klik saja OK.

4.Pilih Tempat Partisi

Cari hard drive yang ingin Anda partisi dari drive map di bagian bawah halaman jendela management disk. Anda perlu memaksimalkan jendela disk management untuk melihat semua drive di bagian bawah. Untuk drive yang tidak dipartisi tidak akan muncul dalam daftat drive.

Jika Anda tidak melihat drive yang ingin di partisi, Anda mungkin telah menginstallnya dengan cara yang salah. Maka matikan PC Anda dan periksa kembali apakah hard drive sudah terpasang benar apa tidak.

5.Pilih New Simple Volume

Setelah Anda menemukan ruang untuk partisi, maka klik kanan dan pilih new simple volume. Untuk windows XP. Opsi itu disebut dengan new partition.

6.Klik New Partition Wizard

Setelah muncul tampilan welcome new simple volume, pilih next dan new partition wizard.

7.Klik Next di Speciy Volume Size

Pilih next pada langkah specify volume size untuk mengkonfirmasi ukuran yang Anda inginkan.

8.Klik Next pada Assign Drive Letter or Path

Windows secara otomatis akan menetapkan huruf drive pertama yang sudah tersedia. Biasanya hurufnya yaituD atau E. Selanjutnya Anda bisa mengatur opsi tetapkan huruf drive yang tersedia.

9.Pilih Do Not Format This Volume

Pada langkah format partition, Anda pilih do not format this volume dan klik next.

10.Verifikasi Pilihan Completing

11.Pilih finish dan windows akan mempartisi drive

Demikian pembahasan tentang cara partisi hardisk windows. Semoga cara-cara di atas bisa Anda coba di PC Anda dan semoga sukses. Terimakasih.

Leave a Reply